Keadaan kulitku yang makin menggila membuatku penasaran dan akhirnya mencari tahu tentang apa yang sebenarnya menimpaku. Bila suatu saat nanti ada di antara kita yang mengalami ini, saya harap tulisan ini bermanfaat. Urtikaria atau biduran atau kaligata adalah jenis penyakit kulit yang timbul sebagai gambaran alergi yang kita derita. Eh tapi gambar di blog ini bukan gambar kulitku lho..!

Penyebab alergi itu bermacam-macam, di antaranya:
  1. Alergi terhadap jenis material fisik tertentu, misal: bulu hewan, debu, dll
  2. Jenis makanan atau bahan kimia tertentu, misal: udang, MSG, bahan kosmetik, dll
  3. Kondisi psikis seperti tertekan atau stress.
  4. Obat-obatan
  5. Gigitan serangga
  6. Air, cahaya matahai, panas, dingin
  7. Stres emosional.
Gambaran alergi yang paling umum memang terlihat dalam bentuk:
  1. bersin2 (>3x berturut-turut) ketika terpapar suatu agent (fisik, kimia, biologi)
  2. timbul gatal2 dikulit, kemerahan / ruam
  3. sesak nafas
  4. pusing sampai pingsan bahkan syok
  5. berdebar-debar dan berkeringat dingin, mual-muntah, diare dll.
Semua gejala ini bervariasi bentuknya, ada yang seketika muncul dalam hitungan detik sampai berbulan-bulan.
Penyakit reaksi imun tsb sangat spesifik karena terkait dengan sistim memori yang terpateri di gen/kromosom sel kita (keturunan) bisa juga karena faktor didapat (aquired) selama perjalan hidup kita, jadi muncul setelah kita terpapar dengan agent tertentu dan akan selalu di ingat oleh sistim imun kita.

Maka dapat disimpulkan bahwa:
  1. semua bentuk protein dapat menimbulkan reaksi/penyakit imun, terutama yang telah mengalami kerusakan (kadaluarsa/expired).
  2. reaksi penyakit imun sifatnya spesifik / individual.
  3. reaksi imun terkait dengan faktor keturunan dan akan diturunkan juga.
  4. tidak bisa dihilangkan, tetapi bisa dikendalikan.
  5. gambarannya bisa sama, tetapi penyebabnya berbeda-beda.
  6. perlu penanganan medis/dokter untuk mengidentifikasi penyebab dan mendapatkan pengobatan yang pas/rasional.
  7. jangan mudah percaya dengan pengobatan2 alternatif, karena mereka tidak mengerti mekanisme imun, bila apes maka reaksi tersebut akan makin menghebat.
  8. untuk mengurangi peradangan, gatal-gatal dan pembengkakan, diberikan antihistamin, epinephrine, terbutalin, simetidin, kortikosteroid atau obat penenang.  
Cara tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi alergi (sumber: Hembing) :
  1. 15 gram jahe + 30 cc cuka beras putih/rice venegar + gula merah secukupnya direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum. Lakukan secara teratur sehari sekali. 
  2. Jika alergi menyerang hidung sehingga menimbulkan pilek atau bersin-bersin dapat menggunakan cara tradisional berikut: 7 lembar daun sambung nyawa + 30 gram sambiloto segar direbus dengan 500cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. atatu dengan: daun lidah buaya secukupnya dikupas kulitnya lalu dijus. Teteskan jus lidah buaya ke dalam hidung sebanyak 3 tetes dengan menggunakan pipet.
  3. Sedangkan bila alergi menyerang kulit sehingga menimbulkan gatal-gatal atau eksim dapat digunakan: sambiloto segar secukupnya + kunyit segar secukupnya + belerang secukupnya dihaluskan hingga lembut, lalu dioleskan pada bagian kulit yang terkena alergi. Daun ketepeng china segar secukupnya dihaluskan lalu dioleskan pada bagian kulit yang terkena alergi.
  4. Jika alergi menyerang paru-paru yang mengakibatkan asma dapat menggunakan : 10 kuntum bunga kenop + 10 - 15 gram jahe direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. 30 gram daun pegagan + 10 gram bawang putih direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
Catatan : anda dapat menggunakan salah satu cara tradisional di atas dan lakukan secara teratur sehari 2 kali, dalam melakukan perebusan sebaiknya gunakan panci enamel atau periuk tanah.

Semoga bermanfaat.

47 comments

  1. Anonymous // December 02, 2009 6:20 PM  

    Seneng baget bisa dpt info ini, sdh sebulan ini saya terserang kaligata yg ngga jelas penyebabnya.
    Setelah liat beberapa blog temen2 ternyata byk juga org yang mengalami nasib yg sama .. thanks ya utk sharingnya

  2. ARCAVA // December 08, 2009 10:43 AM  

    Semoga bermanfaat.. cepet sembuh ya..

  3. seil // February 03, 2010 12:02 PM  

    wah makasih infonya gan..
    udah bosen nih kaligata mulu tiap hari..
    bosen makan CTM mulu :D

  4. Arcava // February 03, 2010 8:53 PM  

    Syukurlah klo bermanfaat :)

  5. Anonymous // March 01, 2010 10:11 PM  

    Udah sebulan lebih dapat kaligata setiap magrib.
    Selama ini abis mandi pake salisil talk (dari apotik) di tempat yang biasa kena. Ada temen yang ngasi tau talknya dikasi air dan ditempel di kulit (belum nyoba). Mudah2an pake sambiloto bisa sembuh permanen, tapi susah juga dapetinnya di Jakarta ini.
    Makasih pencerahannya !
    Sudaryanto/

  6. Arcava // March 02, 2010 5:07 PM  

    Sukses mas..
    Semoga lekas sembuh..
    Sambiloto mmg agak susah d Jkt, biasanya jg sy pulkam dlu k surabaya br dapet sambiloto.
    Klo salicyl dtempel dkulit sy jg belum pernah coba. Paling klo untuk mengurangi rasa gatal pke caladine lotion, tapi klo udah terlanjur kebuka lukanya jadi agak perih.
    Sabar2 aja ya mas hehehe...
    Banyak olahraga juga biar sirkulasi darahnya lancar.

  7. ranie // May 05, 2010 8:58 PM  

    aq jg udh dri kecil punya alergi kya gini tp g sembuh2,, udh minum incidal, CTM, dll tp masih aja suka kambuh.

  8. Anonymous // July 27, 2010 8:11 PM  

    Makasih arcava. Infonya penting banget bagi saya. Temen yang memerlukan sambiloto, saya ada pohonnya, meski jumlahnya sedikit. jika perlu hub saya di: rahman_cls09@yahoo.com

  9. icha // July 29, 2010 1:36 PM  

    sambiloto itu apaya/ saya dah satu minggu gatal-gatal dah ke dokter tapi kok makin parah, awalnya saya kehujanan dan sekarang seluruh tubuh bentol kecil-kecil warnanya merah darah?

  10. Obat Alergi // August 02, 2010 9:33 PM  

    aku kena alergi gatal pada kulit kalau makan kepiting...bisa sembuh ngga c?

  11. Arcava // August 04, 2010 12:39 AM  

    @icha: tuh mas rahman punya daun sambilotonya silakan hub beliau aja lsg bagi yg kesulitan dapetinnya. Email langsung aj le beliau rahman_cls09@yahoo.com muda2an bermanfaat. Trimakasih mas Rahman :)
    Awalnya mmg merah lama2 pas udah kering jd hitam2 g bisa ilang pula, jd loreng2 deh badan :)
    @Obat alergi: klo kepiting mah lebih karena faktor genetis ya, rasanya sulit disembuhkan. Mungkin suatu saat ada obatnya, jgn menyerah :) Sementara dtahan dlu aj kepitingnya :)

  12. Anonymous // August 15, 2010 12:38 PM  

    sambiloto biasanya banyak di pasar tradisional.saya sering beli dan biasanya di minum 1 gelas.

  13. Anonymous // September 26, 2010 1:20 PM  

    apa nama obat biduran di dunia mdis

  14. Arcava // September 27, 2010 1:15 PM  

    Obat-obat yang lazim digunakan, diantaranya:

    (1) Antihistamin (H1):

    * Diphenhydramine injeksi. Dosis dewasa: 10-20 mg per dosis, diberikan 3-4 kali sehari, dosis anak: 0,5 mg per kg berat badan per dosis, diberikan 3-4 kali sehari.
    * Hydroxyne HCl (bestalin). Dosis dewasa: 25 mg, diberikan 3-4 kali sehari, dosis anak: 0,5 mg per kg berat badan per dosis, diberikan 3 kali sehari.
    * Cetirizine 10 mg (cetymin, cirrus, estin, falergi, histrine, ryzen, dll), diminum 1×1 sehari.
    * Loratadine 10 mg (alernitis, anlos, clarihis, claritin, clatatin, inclarin, rahistin, dll), diminum1x1 sehari.
    * Mebhydrolin napadisylate 50 mg (interhistin, tralgi, zoline, dll), diminum 3×1 sehari.
    * Dan masih banyak lagi yang lainnya … :D

    Efek samping antihistamin pada umumnya ngantuk, karenanya sebaiknya tidak minum antihistamin saat akan beraktifitas, … ntar pulesss ketiduran…. ehm… ;)

    (2) Kombinasi setroid dan antihistamin, (misalnya: alegi, colergis, dextafen, exabetin, lorson, zestam, dll), diminum 3×1 sehari.

    (3) Ephedrin HCl, biasanya digunakan sebagai kombinasi atau sebagai pengganti injeksi adrenalin.

    (4) Adrenalin injeksi. Digunakan untuk kasus yang berat dan perlu penanganan segera. (dosis dewasa: 0,3-0,5 ml per dosis dan dapat diulang 15-30 menit; dosis anak: 0,1-0,3 ml setiap kali pemberian).

    Sekali lagi, jenis obat di atas hanya contoh. Mungkin ada yang bertanya, gimana kalo make CTM (chlortrimeton) untuk pertolongan pertama ? Boleh, syukur kalo dengan itu udah sembuh.

    Source: http://cakmoki86.wordpress.com

  15. Obat Alergi // October 06, 2010 3:10 PM  

    wah bisa di coba nih,
    cz ada yg sakit nih.

  16. Anonymous // October 20, 2010 11:03 AM  

    aku udah kurang lebih 6 bulan kena kaligata tanpa tau sebabnya. tiap kali kaligata, minum insidal od. ntar sembuh... 3 harian kambuh lagi... minum lagi insidal.
    pertanyaannya: amankah minum incidal secara rutin?
    aku ibu rumah tangga usia 38 thn.
    terimakasih...

  17. Arcava // October 20, 2010 1:12 PM  

    Bunda... obat apa pun itu apalagi obat kimia pastinya tidak baik bagi kesehatan. Pasti ada aja efek sampingnya. Paling tidak tubuh jadi kebal dari jenis bakteri atau virus tertentu karena kebanyakan obat anti alergi prinsip kerjanya memanipulasi hormon atau menekan kerja syaraf pusat. Lebih aman mengkonsumsi obat herbal atau jamu2an. Saya kok kepikiran cuci darah via bekam ya. Nampaknya gatal2 ini juga bisa disebabkan karena penumpukan darah kotor. Tapi masih belum berani bekam.. serem :D

  18. Anonymous // October 21, 2010 5:12 PM  

    iya,,,tentunya tidak baik... makasihb ya komennya. btw apa tuh cuci darah via bekam? more info please....
    makasih :))

  19. Arcava // October 22, 2010 2:29 PM  

    hehehe.. bekam itu adalah salah satu cara untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Caranya itu ada cup yang dipompa nanti klo udah darahnya dikeluarkan dengan cara ditusuk jarum. Tapi gak sembarang jarum lho. Ada alatnya sendiri. Cukup banyak klinik2 bekam tersebar di sekitar kita. Cuci darah itu hanya sebutan saya untuk membersihkan darah kotor dari dalam tubuh :)

  20. Anonymous // October 24, 2010 2:40 PM  

    ouchh,,, kayaknya sakit tuh. emang di jamin yang bakalan keluar darah kotor bukan darah seger? yang di punggung bukan??

  21. Arcava // October 29, 2010 10:17 AM  

    Iya di punggung..
    Setahu saya yang dikeluarkan memang darah kotor. Warnanya dan aromanya beda dg darah segar. Dan letaknya hanya di permukaan kulit, bukan ngambil dari dalam pembuluh darah. Tetep aja daku blm berani nyobain :D

  22. Anonymous // January 05, 2011 1:16 AM  

    sy punya pengalaman (atas ijin Allah) membantu penyembuhan alergi/kaligata dgn herbal dan bekam. Org tsb sdh berbln2 gatal2 bila terkena dingin (dimulai jam 2 pagi). Sdh ganti2 dokter tp setiap kali obat kimia hbs gtl2 muncul lg.
    Terapi yg dlakukan mmg dbutuhkn kesabaran tdk bs instan, terapi yg sesuai pengalaman sy adlh :
    1. Memotivasi org tsb agr mngurangi stres dgn lbh mendekatkn diri kpd Allah SWT. Dan hrs yakin Allah yg akn menyembuhkn.
    2. Membekam(detoksifikasi darah) org tsb, atas ijin Allah drh yg keluar hanya drh yg kotor tdk ada sm skl drh yg bagus. slain itu berfungsi agar saluran drh lancar dan herba mudah menyerap
    3. Pembersihan usus dgn mkonsumsi herba tertentu slama 6 hr.
    4. setelah itu baru mkonsumsi herba alergi
    Alhamdulillah gatal2 yg diderita org tsb sdh 2 thn ini tdk kambuh lg..
    rienhasprabu@yahoo.co.id

  23. Anonymous // January 05, 2011 1:18 AM  

    maaf, maksud sy, rienshasprabu@yahoo.co.id

  24. ARCAVA // January 06, 2011 11:04 AM  

    Info mantab gan
    Saya sudah coba bekam, akupuntur, klo obat herbal belum. Alhamdulillah agak ringan. Tapi pas awal dibekam kok jadi timbul2 dan gatel2 ya di bekas jarumnya, ap sy alergi jarum (tapi perasaan slama ini gak ada keluhan ttg jarum). Klo akupuntur yg buat alergi ditusuknya di tangan. Memang kambuhnya pas lagi stres aja skarang :(

  25. ghiyats // February 19, 2011 8:07 PM  

    Saya dulu penderita biduran selama 2 tahun kurang lebih, hampir dipastikan tiap malam kambuh.. untuk meredakannya saya minum obat anti gatal. dan itu menjadikan kekhawatiranku, sampai kapan harus minum obat seperti ini.. alhamdulillah sekarang saya sudah sembuh, pembaca bisa berkunjung di http://gudangilmuduit.blogspot.com kalo ingin mendapatkan tips saya

  26. simple cooke // March 19, 2011 10:54 AM  

    makasih infonya..akan aku coba..udah lebih 6 bln biduran bosan ne garuk2 melulu..terus bekasnya hitam2,,jadi ga mulus lagi kaya' dulu,:((

  27. Anonymous // October 14, 2011 7:57 PM  

    dari ilmu yg saya pelajari (sy ikut pelatihan Herbal dan Terapi Bekam), mslh alergi disebabkn adanya organ paru2 org tsb bermasalah, oleh krn itu sebaiknya agar total penyembuhannya, organ paru nya dulu yg disembuhkn.. jd dengan izin Allah terapinya cukup dgn terapi bekam dan obat2an alami/herbal..
    rienshasprabu@yahoo.co.id

  28. Anonymous // October 15, 2011 9:43 PM  

    sudah 4 bulan mengalami biduran... gak tau apa penyebabnya? gimana cara penyembuhannya?

  29. Arcava // October 18, 2011 10:52 AM  

    Biasanya karena stress mbak, saya amat2i saya suka kambuh klo udah mulai stress. Sbenernya pencegahannya ya jangan sampai stres aja, klo udah terlanjur, saya kasih betadine biar cepet kering, sambil minum kapsul herbal sambiloto, mungkin juga perlu sedikit olah raga. Sambil minum habbatussaudah untuk meningkatkan daya tahan tubuh..

  30. korset pelangsing // November 12, 2011 7:35 PM  

    Terima kasih atas informasi ..... Saya sedang mencari informasi seperti ini.

  31. Anonymous // January 30, 2012 10:43 AM  

    info tentang asma dan penyembuhannya :

    www.asma.web.id
    www.herbal-asma.com

  32. WdyRahman // February 28, 2012 9:11 PM  

    mbaaaa, aku masih 16tahun, aku udah 3bulan ini sering banget kena kaligata. baru 3bulabn ini, sebelumnya gak pernah, malah ayah saya yang dulunya sering sekarang udah engga, setiap habis magrib setiap hari saya langsung merah merah dan bentol2 yang gak beraturan, dan panas di bentolnya. gaenak banget. saya selalu minum isidal apabila gak tertahankan lg gatalnya.
    bagaimana ya cara biar sembuh total, saya sangat tersiksa soalnya saya jadi gak konsen apabila belajar pd malam hari :(( tolong ya

  33. Arcava // March 02, 2012 7:43 PM  

    Jangan kebanyakan mengkonsumsi obat begitu bisa makin kebal. Coba obat herbal yang sambiloto itu. Nah klo lagi kambuh gatelnya olesin caladine lotion itu biar dingin. Atau klo sy biasa pke obat gosok semacam vicks gitu yg dingin. Darahnya kotor. Coba juga sambil dibekam dan olahraga teratur, jangan sampai stres juga

  34. Anonymous // May 02, 2012 11:57 AM  

    kawan2 mungkin bisa coba suplemen caalcium citrate, karena orang alergi itu kemungkinan darahnya dingin, dan calcium itu bersifat menghangatkan darah. bukan cuma semata mata untuk tulang saja.
    saya sudah coba minum, gatal langsung berkurang, tapi setelah lepas agak balik lagi nih.
    saya juga udah mengalamin gatal2 ini hampir satu tahun, tahun kemarin kulit saya dimulai dari luka yg gak mau kering2 (minum antibiotik baquinor, dll juga disuntik penisilin sampe 3x, saya duga ini salah satu penyebab), terus berubah jadi semacam eksim dan terus jadi tinea corporis (kadas gitu), itu ditemukan sama dokter dan akhirnya dikasi salep mycoral, sembuh satu per satu sebulan.
    eh gaktau nya sekarang malah makin parah, jadi gatal2 seperti biduran dan berasa dari dalam darah, tadinya cuma dikulit semata karena jamur, sekarang malah tambah parah, saya juga udah hampir putus asa, saya yang tadinya suka olahraga udah stop satu tahun ini, mau ngapa2in serba gak enak.

    semoga kita semua bisa sembuh dengan memohon pengampunan kepada Tuhan. Amin.

  35. Anonymous // May 02, 2012 11:58 AM  

    oh ya, ada juga kemungkinan justru yang bermasalah adalah organ internal kita, jadi selama sebelum penyebab utama nya di sembuhkan akan terus bolak balik, saya sedang coba terapi kunyah minimal 32 kali (kembali ke aturan saat SD), karena saya kalo makan selama ini juga terlalu cepat dan maag serta usus saya sering bermasalah.

    jadi saya sekarang juga setiap hari konsumsi probiotik seperti yoghurt, yakult, dll.

  36. namie // May 29, 2012 7:50 PM  

    saya dah lama bgt kaligata...bbrpa thun kmren smpt sembuh tp skrg nongol lg tiap hari..gtw penyebabny apa...
    awal nya dr smp kls 3 smpe sma kls 2 tiap sore sya kena kaligata,skrg stelah sya kuliah smester akhir kaligata nya nongol lg...smpt mnum kalzana krna dkira krg kalk smpe" numbuh gigi gingsul tp kaligata nya ttp aja..http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/20.gif tolong d bantu

  37. Anonymous // July 28, 2012 9:42 AM  

    Saya umur 22 thn mbak, sy kena alergi sjak 4 bulan lalu pdahal dari kecil sy ga pernah alergi/bduran yg kyk gtu, jenis bentolnya rubah2 kdang bintik2 kecil byak kdang gede2 bget. Klo digaruk bekas grukannya pun akan ikut bentol jd gris2 gtu dan di bentolan klo disentuh panas bget. Dah ke dokter 3x cma dikasih obt & stlah obtnya abis timbul lg. Yang bikin bgung alergi timbuny ga tentu kdang siang, pgi, mlem, kdang lg istrahat, kdang lg jlan, di ruang ac , ruang terbuka, tempat panas, abs mkan dan ga mkan apa2 pun pernah muncul alerginya. Semua pnyebab2 alergi di atas cba sy hndari stu persatu cman sm aj ttp muncul. Itu lah yg sbenernya membuat sy pusing penyebab alerginya apa?? Dan mau mghindarinya gmna?? Tlong dibantu ya Mbak solusinya.. thank’s..

  38. Anonymous // October 28, 2012 5:15 PM  

    Saya skrg kaligata lg hampir 1 thn setelah sebelumnya hilang selama lebih kurang 15 thn.umur 34 thn dan gender laki2.terima kasih penjelasannya tapi ada yg bisa info biar cepet sembuh.gatal nyiksa dan ngurangi pede nih

  39. Arcava // November 20, 2012 8:26 AM  

    Gatal memang sangat mengganggu ya. Klo saya googling ternyata gak cuma di badan aja, ada juga yg di selangkangan dan ini luar biasa nyiksa apalagi klo mau tidur malem. Sy coba googling obat2annya tp kok khawatir malah jd makin resisten tuh gatel. Akhirnya pke yg umum aja. Klo sumber gatalnya adalah jamur, maka hindari penggunaan bedak karena akan menyebarkan sporanya. Juga hindari salep karena makin lembab. Akhirnya sy coba deh klo siang pke bedak herocyn biar kering, malemnya pke betadin biar cepet kering. Jgn pke baju yg nahan keringat, biasakan bersih dan sering2 ganti baju klo mmg produksi keringatnya banyak, biar kondisinya tetep kering. Semoga membantu...

  40. Anonymous // December 06, 2012 12:39 PM  

    sekarang ini saya sedang terkena gatal2, dan belum tahu sebabnya/penyakitnya karena saya tidak pernah alergi sebelumnya... kalo alergi debu/dingin udara ada dari kecil, gampang pilek, kmrn blm lama periksa mata, krn gatal2 terus, kata dokter kena alergi debu/kotor krn udara yg sangat panas. sekarang di badan saya udah 2hari ini gatal2, kmrn didaerah tangan, leher sampe ke perut, skrg dibagian perut ke bawah. apakah ini yg dinamakan kaligata/biduran? saya sdh ke dokter dan dikasih obat. sampai berapa lama ini akan terjadi? saya jg mau tanya diluar ini, siapa tau ada solusi... anak saya umur 5th, gemuk, dibagian selangkangan item, mungkin daki/keringat... adakah cara untuk menghilangkannnya? kalo tau, tlg infonya ya... terimakasih sebelumnya... salam.

  41. Dwi Puspita Anggraeni // December 07, 2012 10:11 PM  

    klo daerah selangkangan item itu wajar mbak, kra dia daerah lipatan. Klo itemnya pas digosok itu bs rontok ya brarti daki :) ngilanginnya ya kayak kita luluran gt aja, atau digosok pke sabun dan washlap handuk :)

    Gatal2 klo krna alergi itu biasanya bs dketahui dr cek darah juga mbak. Tp sy blm pernah juga cek darah bgnian. Klo skedar pencegahan bisa mengkonsumsi pil sambiloto itu atau bersih darah.

  42. Anonymous // February 02, 2013 7:13 PM  

    Aku sembuh minum sambiloto..

  43. arcava // February 04, 2013 1:27 PM  

    Alhamdulillah... Tetep dijaga biar gak kambuh lg ya, jgn stres, jaga mkanan, jaga suhu badan, jaga kebersihan :D

  44. SimpleCage // July 23, 2013 6:23 PM  

    Terima kasih untuk infonya, kebetulan saat ini saya kena kaligata dan Cacar air, Gatalnya sangat Mengganggu.

  45. Lea agustin // October 23, 2013 9:59 PM  

    Pil sambiloto beli nya dimana yaa??

  46. Anonymous // April 28, 2014 6:00 AM  

    Aku dah beberapa bulan ni alergi dingin...setiap pagi....klo aku keringetan...stress...pasti alergi biduran ak kambuh
    Setiap kambuh aku minum obat alergi yg ku beli di apotek...sembuh tp kambuh lg
    Lama2 frustasi jg klo hrs minum obat mulu
    Pengen sembuh total....yg aku simak ktanya minum sambiloto bisa sembuh
    Kira2 herbal sambilotonya apa ada yg jual
    Ato kita buat sendiri ramuannya...
    Klo iya gimana cara buatnya...
    Makasi yach...

  47. Anonymous // April 28, 2014 6:04 AM  

    Apa obat sambilotonya ada yg jual
    Ato kita bikin sendiri ramuannya
    Klo iya gimana cara buatnyA

Post a Comment

Leave your comment here. Thank you :)

Techie Blogger