Pernah kepikir gak, kenapa baju anak-anak lebih mahal daripada baju orang dewasa. Padahal klo diperhatikan selintas, bahan yang digunakan kualitasnya sama, klo misal ada hiasan seperti sablon, bordir atau variasi jahitan pun tak jauh beda dengan yang dipakai orang dewasa. Malah kalau mau itung-itungan, baju anak kecil kan lebih sedikit modal bahan bakunya, 1 baju balita paling juga cuma perlu setengah dari bahan kain baju orang dewasa. Tapi nyatanya???

Yah walaupun baju anak kelihatannya biasa-biasa saja, tapi harga jualnya jadi mahal karena desainernya mengutamakan kenyamanan dan safety si kecil. Bahan so pasti dipilih yang berbahan kapas agar menyerap keringat karena si kecil yang aktif bergerak cenderung berkeringat. Jika bahan pakaiannya tidak mudah menyerap keringat, bisa mengakibatkan gangguan kulit seperti biang keringat atau iritasi lainnya.  Pemilihan material aksesorisnya pun memperhitungkan keamanan si kecil. Misalnya dengan meminimalisir penggunaan kancing baju, karena anak kecil terutama yang masih suka menggigit dan berlatih mengunyah akan penasaran dengan benda kecil di bajunya seperti kancing. Jika jahitan kancing tak cukup kuat, ketika si kecil menggigit kancing tersebut dan benang jahitnya putus, bisa dibayangkan betapa bahayanya. Jadi dari sisi kekuatan jahitan pun untuk baju anak tentu dibuat lebih kuat walaupun tak kasab mata. Selain itu menjahit pakaian anak yang ukurannya kecil tentunya akan lebih rumit daripada menjahit baju ukuran dewasa karena banyak lekukan dan detail pada sudut-sudut jahitan yang bidangnya sempit.

Dengan demikian, kita jadi tahu kan knapa baju anak kecil itu klo bagus dan nyaman pasti harganya lebih mahal daripada baju orang dewasa. Jadi gak sayang-sayang lagi dong beli baju agak mahalan asal si kecil tetep tampil lucu sesuai usianya, nyaman dan aman. Klo bunda adalah wanita karir yang tak sempat belanja dan piih-pilih baju di toko buat si kecil, bunda bisa coba belanja online. Banyak lho online shop yang menjual baju anak. Mulai dari baju harian sampai baju anak branded. Slamat berburu baju buat si kecil :)


0 comments

Post a Comment

Leave your comment here. Thank you :)

Techie Blogger